Cara Menghemat Baterai Android

5 Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi [WORK]

Baterai adalah suatu barang komponen yang sangat penting dalam sebuah smartphone. Sebab, tanpa adanya sebuah baterai, smartphone tentu tidak akan bisa hidup. Begitu juga jika baterainya cepat habis walaupun memiliki kapasitas yang besar. Agar menghindari baterai smartphone yang cepat sekali habisnya, kamu bisa melakukan beberapa cara dibawah ini, dari memberhentikan aplikasi yang membuat boros baterai sampai pemakaian aplikasi yang bebas dari iklan. Berikut adalah cara lengkapnya:

Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

1. Cek dan Stop Pemakaian Aplikasi Yang Paling Boros di Baterai

Untuk smartphone berbasis Android, pengguna bisa mengunjungi Settings lalu pergi kedalam menu Battery & Performance dan pilihlah Power Usage. Di dalam pengaturan tersebut, kamu bisa melihat dengan jelas aplikasi mana yang sangat mempengaruhi borosnya baterai. Penting diingat juga, masing-masing dari menu smartphone mungkin berbeda. Tetapi, menu yang sama sejenis dengan fungsi baterai di atas sudah tersedia di kebanyakan smartphone canggih saat ini.

2. Menurunkan Tingkat Kecerahan (Brightness)

Kecerahan dari sebuah layar Smartphone akan sangat menentukan tingkat kenyamanan pengguna dalam melihat layar. Dalam hal ini juga yang dapat mempengaruhi tingkat keborosan baterai yang ditimbulkan. Semakin tinggi kecerahan yang kita pakai, maka tinggi juga daya baterai yang smartphone habiskan. Oleh karena itu, pengguna harus menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai kebutuhan dan kondisi. Disarankan juga untuk tidak memakai kecerahan otomatis karena dapat mempengaruhi pemakaian baterai dikarenakan sensor cahaya.

Buat kamu yang mau tips atau tutorial terkini tentang teknologi seperti artikel ini bisa mengunjungi situs https://relogi.com. Relogi adalah situs yang menyajikan konten teknologi dengan bahasa kekinian.

3. Mematikan Sinyal Radio Yang Tidak Dibutuhkan

Fitur dalam smartphone yang mengandalkan frekuensi radio, contohnya GPS, NFC, Wi-Fi dan sebagainya memang berguna untuk memudahkan aktivitas penggunanya. Seperti menghubungkan ponsel dengan hotspot lalu membayar menggunakan uang digitall (e -money). Dalam pemakaiannya, terkadang pengguna lupa untuk mematikan fitur-fitur tersebut saat tidak dibutuhkan. Nah, dalam hal ini jika sering dibiarkan maka dapat menguras daya baterai.

4. Memakai Aplikasi Ponsel Yang Bebas Dari Iklan

Saat kamu menginstall beberapa aplikasi yang gratis dan ada yang berbayar. Biasanya aplikasi yang dipasang secara gratis nantinya dibekali dengan sistem ads yang bertujuan untuk menampilkan iklan di halaman aplikasi tersebut. Agar menampilkan iklan, smartphone membutuhkan tenaga baterai yang ekstra. Nah, agar terhindar dari iklan pengguna disarankan untuk memakai aplikasi yang bebas dari iklan atau aplikasi yang berbayar guna menghindari adanya gangguan dan yang terpenting menghemat daya baterai.

5. Mematikan Fitur Automatic Sync

Fitur ini biasanya dimanfaatkan untuk mengecek apakah ada informasi terbaru dari aplikasi yang dipasang oleh pengguna, contoh untuk mengecek email secara berkala atau juga digunakan untuk memunculkan notifikasi di aplikasi jejaring sosial. Tetapi, pengecekan ini dapat menguras baterai. Bagi para pengguna bisa menonaktifkan fitur automatic sync ini di dalam menu Settings yang berada di smartphone Android.

Akhir kata

Nah, diatas adalah beberapa cara untuk menghemat daya baterai di smartphone berbasis Android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security