5 Tips Edukasi Sadar Sampah Agar Anak Peduli Lingkungan

Orang tua memiliki tanggung jawab besar tidak hanya membiayai anak agar bisa tumbuh berkembang. Melainkan di sisi lain perlu memberikan pendidikan termasuk edukasi sampah, contoh kecilnya pemisahan tempat sampah organik dan non organik.

Edukasi sadar sampah akan menumbuhkan nilai-nilai kebersihan dan peduli lingkungan sejak kecil. Apalagi lingkungan saat ini sudah banyak mengalami kerusakan, bahkan berbagai pencemaran sudah marak terjadi.

5 Tips Edukasi Sadar Sampah

1. Berikan teladan yang baik

Sebelum memberikan arahan kepada anak, alangkah baiknya orang tua mulai memperhatikan lingkungan sekitar. Anak merupakan peniru terbaik atas semua hal yang orang tua lakukan.

Dengan begitu, arahan bisa lebih mudah diberikan, sederhananya dengan membuang sampah pada tempatnya.

2. Berikan contoh dampak jika buang sampah sembarangan

Dengan memberikan contoh dampak yang nyata, diharapkan anak memiliki gambaran yang mungkin terjadi. Dari situ akan muncul tanggungjawab untuk tidak membuang sampah sembarangan karena bisa berdampak buruk.

3. Menekankan pengurangan aktivitas yang bisa menimbulkan sampah

Terapkan minimalisasi konsumsi barang, makanan ataupun minuman yang sekiranya tidak begitu penting. Kemudian ajak anak untuk memilah sampah dan memasukkannya ke tempat sampah organik dan non organik secara tertib.

4. Menekankan pentingnya buang sampah pada tempatnya

Orang tua perlu membiasakan anak agar bisa membuang sampah pada tempatnya, sediakan tempat sampah yang mudah dijangkau anak. Biasakan setiap hari dengan mengadakan reward and punishment jika anak mampu mematuhi peraturan ini.

Dengan begitu anak akan bersemangat untuk membuang sampah hingga tumbuh kesadaran akan tanggung jawabnya terhadap pengelolaan sampah.

5. Mengenalkan produk ekolabel agar anak semakin teredukasi

Ekolabel atau produk ramah lingkungan memang belum banyak digunakan, namun ada beberapa produk yang sudah bersertifikasi ramah lingkungan. Edukasi anak dengan menjelaskan secara detail sesuai pemahamannya mengenai ekolabel.

Generasi penerus ini harus mengetahui pentingnya produk ramah lingkungan agar lingkungan memiliki keberlanjutan di masa mendatang. Dengan memberikan edukasi ramah lingkungan, pengetahuan anak bisa semakin bertambah.

Tak perlu repot-repot, sudahkan Anda mengedukasi pemilahan sampah agar di buang ke tempat sampah organik dan non organik? Jika sudah, berarti anak Anda akan memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan sampah di masa mendatang.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security