teknik marketing menggunakan video storytelling

5 Tips Pemasaran Video YouTube untuk UKM dan UMKM

Sebelum sebuah bisnis dapat dikenal luas oleh masyarakat, tentu banyak waktu mereka habiskan untuk membuat strategi pemasaran yang tepat. Pengaruh utama keberhasilan suatu bisnis tentu melalui menariknya suatu promosi atau iklan.

Bahkan saat ini sudah banyak media atau platform yang bisa Anda gunakan sebagai media promosi. Misalkan saja, facebook, twitter, tiktok, instagram dan youtube.

Para pengusaha sekarang ini mulai beralih ke digital advertising. Dan menggunakan konten video yang menarik untuk dapat menciptakan ketertarikan calon konsumen. Influencer pun sering dipakai oleh pebisnis untuk bisa membantu viralnya produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Bagi kamu para pebisnis, kalian dapat menggunakan pemasaran melalui YouTube. Berikut tips pemasaran video YouTube untuk UKM dan UMKM.

Tentukan konsep

Sebelum membuat konten pemasaran yang kamu inginkan, tentukan konsep yang sesuai dengan produk yang akan kamu tawarkan dengan matang. Banyak pembeli tertarik karena sebuah iklan memiliki konsep yang unik dan menarik. Jika perlu, kamu bisa meminta saran editor profesional dalam pemilihan konsep pada iklan yang kamu mau.

teknik marketing menggunakan video storytelling

Penggunaan teknik storytelling

Konten dikatakan sesuai target bila dapat mengunci perhatian audience mulai awal hingga akhir. Sesuai dengan namanya, teknik ini cenderung menceritakan, bukan menunjukkan.

Video pemasaran akan dibuat semacam short film. Penggunaan teknik ini diharapkan dapat menguras emosi dan menciptakan rasa penasaran para penonton.

Gunakan animasi

Tips pemasaran video YouTube untuk UKM dan UMKM selanjutnya, yakni dengan menggunakan video animasi. Memang membuat konten animasi bisa dikatakan cukup sulit.

Namun, makin kesini, animasi banyak diminati, terutama jika target pasarmu menggaet kalangan usia muda. Perhatikan juga maksud dan tujuan dari videomu agar penonton tidak kebingungan.

Buatlah video yang berkualitas

Banyak audience memilih menghentikan menonton iklan karena kualitas video yang buruk. Entah dari segi pesan yang disampaikan terlalu rumit atau pengambilan gambar yang menurut mereka kurang jernih alias blur.

Untuk itu, perhatikan perangkat yang kamu gunakan selama proses pembuatan video. Pilih smartphone dan kamera dengan resolusi terbaik.

Editing

Editing masuk dalam tahap akhir sekaligus penentu dalam proses pembuatan suatu konten atau video. Proses ini biasa dilakukan oleh ahli dengan bantuan beberapa aplikasi khusus editing.

Tahap ini sangatlah penting. Bertujuan untuk membuat video terasa lebih menarik. Nantinya setelah proses editing selesai, barulah video bisa di upload.

 

Tips pemasaran video YouTube untuk UKM dan UMKM di atas perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan menggunakan YouTube sebagai media dalam strategi berbisnis. Untuk membuat konten atau video yang bisa tembus hingga beribu-ribu viewers, kamu harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Kualitas video menjadi penentu apakah videomu layak mendapat banyak audience atau tidak.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security