ciri kanker serviks

6 Gejala Kanker Serviks Ini Wajib Kamu Ketahui

Kanker serviks memang masih menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi sebagian orang. Kanker serviks ini merupakan jenis kanker yang menyerang bagian mulut rahim. Bagian mulut rahim ini menjadi peralihan antara rahim dan vagina.

Banyak sekali wanita di seluruh dunia kehilangan kesempatan hidup karena mengidap kanker serviks ini. Maka dari itu, sangat penting bagi para wanita untuk mengetahui apa saja gejala kanker serviks agar dapat terhindar dari bahaya yang ditimbulkan. Nah, berikut ini adalah gejala kanker serviks yang wajib kamu ketahui.

Enam Gejala Kanker Serviks.

1. Keputihan

Gejala kanker serviks yang pertama adalah keputihan. Keputihan yang muncul akibat dari kanker serviks agak berbeda dengan yang terjadi pada umumnya, karena biasanya saat keputihan akan mengeluarkan cairan atau lendir-lendir yang disertai dengan darah kotor maupun nanah.

2. Nyeri di sekitar panggul

Rasa nyeri yang muncul di sekitar panggul ini merupakan gejala kanker serviks yang biasanya terjadi secara tiba-tiba. Efek rasa nyeri tersebut disebabkan karena leher rahim yang mengalami peradangan.

ciri kanker serviks

3. Mengalami pendarahan di luar masa menstruasi

Salah satu gejala kanker serviks adalah mengalami pendarahan di luar masa menstruasi. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh banyak faktor, misalnya stress atau kondisi tubuh sedang tidak fit, menggunakan pil KB hingga gejala keguguran. Tentu saja kondisi tersebut tidak bisa dianggap sepele, ada baiknya jika segera memeriksakan diri atau berkonsultasi pada dokter.

4. Mengeluarkan darah lebih banyak dan durasi lama pada saat menstruasi

Gejala kanker serviks ini dapat diketahui saat kita mengalami menstruasi. Kondisi yang dialami oleh penderita kanker serviks akan mengalami masa pendarahan yang lebih lama jika dibandingkan dengan masa haid pada umumnya yang hanya 5-7 hari. Selain itu saat menstruasi pun darah yang dikeluarkan lebih banyak. Untuk kondisi yang seperti itu lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan dari ahli.

5. Mengalami nyeri saat berhubungan intim

Salah satu gejala kanker serviks adalah mengalami nyeri saat berhubungan intim. Rasa nyeri pada saat melakukan hubungan intim ini disebabkan karena kondisi jaringan serviks yang menjadi sensitif akibat peradangan dan hancurnya sel yang disebut nekrosis.

6. Mengalami  penurunan berat badan dan hilangnya nafsu makan

Gejala kanker serviks ini yaitu mengalami penurunan berat badan dan hilangnya nafsu makan. Kondisi tersebut dapat terjadi karena terdapat zat-zat toksin yang muncul dari sel-sel kanker yang menyebar. Selain itu kondisi hilangnya nafsu makan ini dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang cukup drastis bagi penderitanya.

Demikian ulasan mengenai 6 gejala kanker serviks yang wajib diketahui, semoga bermanfaat.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security