cagar alam

8 Contoh Cagar Alam dan Suaka Margasatwa di Indonesia

Pernah nggak sih, Anda menemukan sebuah tempat yang berisi tanaman, ekosistem, biota tertentu, hewan langka khas suatu daerah yang dilindungi? Itu adalah cagar alam dan suaka margasatwa. Nah, kira-kira cagar alam dan suaka margasatwa di Indonesia itu dimana aja sih? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

4 Cagar Alam dan 4 Suaka Margasatwa di Indonesia yang Dilestarikan

  • Cagar Alam

Salah satu karakteristik cagar alam yaitu terdapat flora dan fauna yang mewakili formasi biota tertentu dan keberadaannya harus dilindungi.Hingga tahun 2008, terdapat 237 lokasi cagar alam di Indonesia. Ini dia daftarnya:

1. Cagar Alam Gunung Leuser, Aceh

Jika Anda ingin berkunjung ke sini, lebih baik pada saat musim kemarau saja ya karena letaknya di dalam hutan yang cukup licin jika terkena hujan. Jenis flora yang dilindungi disini yaitu daun payung raksasa, bunga raflesia dan Rhizanthes Zippelnii. Juga ada fauna seperti orang utan, Siamang dan gajah Sumatera yang rawan diburu.

cagar alam

2. Cagar Alam Batang Gadis, Sumatera Utara

Cagar alam disini lebih banyak faunanya dibanding flora. Diantaranya yaitu harimau Sumatera, kambing hutan, binturong dan beruang madu. Sedangkan faunanya adalah bunga raflesia (bangkai) sama seperti yang ada di Gunung Leuser.

3. Cagar Alam Kerinci Sebrat, Jambi

Tempat ini melindungi tanaman pinus kerinci, tanaman kayu pacat, bunga raflesia dan lain-lain. Sedangkan untuk hewan yang dilindungi yaitu kucing emas, burung rangkong, julang, burung gading dan. Anda bisa mengunjunginya sambil menikmati pemandangan gunung yang indah.

4. Cagar Alam Bukit Barisan

Letaknya ada di Lampung, Anda bisa melihat cemara laut, anggrek raksasa, damar sekalian menikmati pantai yang indah.

  • Suaka Margasatwa

Suaka margasatwa yaitu tempat untuk melindungi dan melestarikan hewan khas suatu daerah yang dikhawatirkan akan punah. Pemerintah Indonesia sengaja memberikan tempat agar bisa dilakukan pembinaan secara khusus.

Pengelolaannya dengan  memperhatikan aspek ekologi, ekonomis, sosial budaya dan teknis. Garis besar kegiatan di dalamnya mencakup pengawetan, perlindungan dan pemanfaatan kawasan. Ini dia daftar suaka margasatwa yang ada di Indonesia :

1. Taman Nasional Way Kambas

Terletak di Pulau Sumatera, di dalamnya ada beberapa hewan endemik Sumatera. Diantaranya adalah badak, gajah, mentok, harimau dan buaya sepit.

2. Taman Nasional Gunung Gede

Dibentuk untuk melindungi satwa liar khas Jawa. Terdapat anjing hutan, macan raksasa, owa Jawa, sigung, lutung dan 250 jenis burung lainnya.

3. Taman Nasional Wasur Papua

Sebagai tempat konservasi kanguru, cendrawasih, buaya air asin, kasturi raja dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika berniat keliling Indonesia, tempat ini wajib dikunjungi.

4. Suaka Margasatwa Pulau Buton

Letaknya di Sulawesi Tenggara, Anda bisa melihat anoa, maleo senkawor, rusa, kuskus dan hewan langka lainnya khas Sulawesi.

Cagar alam dan juga suaka margasatwa di Indonesia yang sudah disebutkan di atas sangat cocok sebagai wisata edukasi bagi anak-anak. Anda juga bisa jadikan alamalami.com sebagai rujukan untuk belajar tentang alam. Mereka akan belajar ragam tanaman dan hewan yang mampu melatih kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Sehingga diharapkan kedepannya tidak ada lagi perburuan liar.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security