Apa Saja Penyebab Mata Kucing Belekan? Ini Dia Ulasannya

Mata belekan merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi pada makhluk hidup. Belek biasanya terbentuk dari kotoran-kotoran yang berkumpul di mata. Tetapi pada kondisi tertentu, mata belekan juga bisa menjadi salah satu tanda dari beberapa penyakit. Untuk tahu obat mata kucing yang tepat, berikut ini adalah ulasan mengenai penyakit mata kucing belekan.

 

Mata belekan pada kucing

Munculnya belek pada mata kucing bisa menjadi salah satu kondisi membahayakan terlebih ketika kondisi ini dibiarkan terus-menerus. Pada beberapa kasus yang parah, belek pada mata kucing bisa menyebabkan penglihatan terganggu bahkan mengalami kebutaan.

Untuk kamu yang belum tahu, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mata kucing belekan. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

  • Infeksi saluran pernafasan atas

Salah satu hal yang bisa menyebabkan mata belekan pada kucing adalah infeksi saluran pernafasan atas. Infeksi ini bisa disebabkan karena virus, bakteri, maupun protozoa. Jika kucing mengalami infeksi saluran pernafasan atas, cairan yang keluar dari mata kucing biasanya akan terlihat seperti nanah.

Selain munculnya belek, infeksi saluran pernafasan atas juga biasanya diikuti dengan gejala bersin dan hidung yang mengeluarkan air. Ketika kondisi ini terjadi, pastikan kamu segera membawa kucing kamu ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih cepat.

  • Infeksi mata

Penyebab mata belekan pada kucing selanjutnya adalah infeksi mata. Ini bisa terjadi karena beberapa jenis virus dan juga bakteri. Umumnya kucing yang mengalami masalah infeksi mata ini adalah kucing-kucing yang masih berusia muda. Kucing yang masih berusia muda memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga jika terkena virus dan bakteri akan lebih mudah bagi mereka untuk terserang virus tersebut.

Infeksi terjadi pada seekor kucing, obat yang paling umum diberikan adalah antibiotik. Akan tetapi pemberian antibiotik ini memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Oleh karena itu jika kamu mendeteksi adanya gangguan infeksi mata segera kunjungi dokter dan tanyakan mengenai kondisi serta obat terbaik untuk infeksi mata anak bulu kamu.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah penyebab penyakit mata kucing selanjutnya. Biasanya konjungtivitis ini ditandai dengan mata yang merah. Aktivitas di ini sendiri merupakan sebuah kasus peradangan yang terjadi pada bagian merah muda di mata kucing.

Selain memiliki tanda-tanda berupa mata merah, kucing penderita konjungtivitis ini memiliki mata yang terlihat bengkak serta mengeluarkan kotoran bening. Selain memiliki kotoran mata berupa yang bening dan berair, kucing yang menderita konjungtivitis ini biasanya juga mengalami sensitivitas terhadap cahaya.

Ketika konjungtivitis terjadi dengan gejala ringan, konjungtivitis dapat disembuhkan dengan mudah tanpa adanya kerusakan permanen. Tetapi jika gangguan ini terjadi secara parah dan disertai dengan demam, diare dan juga kesulitan bernafas, maka gejala ini sudah masuk ke dalam gejala berat. Jika kondisinya seperti ini maka kucing kamu perlu bantuan dari dokter hewan untuk membantunya agar bisa bertahan.

  • Mata kering

Jika dilihat dari namanya, kondisi ini mungkin akan seperti gangguan yang tidak membahayakan. Tetapi ketika dilihat lebih dalam ternyata gangguan mata ini bisa menyebabkan kebutaan. Biasanya kucing yang mengalami gangguan mata kering yang parah mengeluarkan cairan kuning yang sifatnya lengket.

 

Untuk pengobatannya, kondisi mata kering ini biasanya dapat diatasi dengan menggunakan tetes mata. Tapi jika kondisinya lebih parah mata kering ini mungkin akan membutuhkan beberapa pengobatan merupakan operasi, tergantung penyebab mata kucing belekan yang kucing kamu alami.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security