charger hp cina

Cara Membedakan Tipe Garansi HP Xiaomi (Resmi dan Distributor)

Kali ini saya akan memberikan tutorial membedakan hp xiaomi garansi resmi dengan garansi distributor. dengan cara mudah ini anda juga bisa membedakan jenis garansi tanpa membuka kemasan saat ingin membeli hp xiaomi baru, cukup melihat dari kemasan kotaknya saja.

Seperti yang kita ketahui, di indonesia banyak sekali beredar smartphone xiaomi dengan garansi distributor. namun bukan berarti ponsel xiaomi dengan garansi distributor memiliki kualitas yang kurang bagus.

Ada juga beberapa penyedia garansi distributor dengan kualitas produk yang cukup bagus, menurut pengalaman admin situs hpsaja, garansi WII memiliki kualitas yang tergolong bagus.

Oke langsung saja berikut cara membedakan jenis garansi pada hp xiaomi baru dan mungkin juga berlaku untuk hp xiaomi bekas.

1. Periksa Segel Penyedia Garansi

Di indonesia saat ini xiaomi memiliki partner pemegang garansi resmi untuk xiaomi indonesia yakni "Erajaya atau Trikomsel (TAM).

Jadi jika anda ingin membeli ponsel xiaomi dan terdapat segel Erajaya atau segel TAM. Maka dapat dipastikan ponsel tersebut memiliki garansi resmi.

Dengan memiliki ponsel xiaomi bergaransi resmi tentunya kualitas sudah terjamin bagus, purna jual yang lebih stabil serta memiliki layanan servis yang memuaskan ketika terjadi kerusakan pada ponsel yang anda miliki.

Namun untuk tahun ini, rata-rata hp terbaru xiaomi yang resmi masuk dan produksi di indonesia sudah memiliki garansi resmi, meski tanpa stiker TAM.

2. Perhatikan Negara Pembuat

Cara kedua, lihatlah pada kemasan di belakang kardus. jika terdapat tulisan "Made in indonesia" atau dibuat di indonesia maka dapat dipastikan hp xiaomi tersebut bergaransi resmi.

Karena xiaomi sekarang sudah bekerja sama dengan pabrikan lokal yang terletak di batam untuk memproduksi smartphone mereka.

Namun jika pada kardus tertulis "made in china" atau dibuat di china maka dapat dipastikan hp tersebut bergaransi distributor atau garansi internasional langsung dari xiaomi china.

3. Model Charger

Model adapter charger pada kemasan yang di dapat biasanya memiliki model yang berbeda sesuai jenis garansi. HP xiaomi dengan garansi distributor memiliki model charger standard china dengan kaki charger tipis, sehingga butuh adaptor agar bisa di pakai.

contohnya seperti gambar di bawah ini.

charger hp cina

*sumber : blibli

Sedangkan hp xiaomi dengan garansi resmi memiliki model charger standar internasional yang cocok digunakan pada stop kontak yang beredar di indonesia.

Perlu diketahui, ada juga hp xiaomi dengan garansi internasional memiliki model charger seperti charger cina.

4. Perhatikan Versi ROM MIUI

Jenis garansi pada hp xiaomi juga mempengaruhi software maupun MIUI yang terpasang di dalamnya yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna pada suatu negara.

Hp xiaomi dengan garansi resmi biasanya memiliki ROM MIUI global stable yang sudah siap dan lancar digunakan di indonesia. serta tersedia berbagai aplikasi bawaan google seperti playstore, gmail, youtube dan aplikasi pendukung lainnya.

Namun hp xiaomi dengan garansi distributor biasanya ROM MIUI yang didapat masih versi china stable, bukan ROM global stable. Jadi tidak terdapat aplikasi bawaan google seperti playstore, youtube dan aplikasi google lainnya.

Kok bisa begitu ? Yah karena google dilarang di china, maka xiaomi tidak memasang aplikasi google di ROM versi china. Jadi dengan membeli hp xiaomi garansi distributor dengan ROM china tentunya akan merepotkan anda untuk flash ulang ROM versi Global stable.

Perlu diketahui, ada juga beberapa hp xiaomi dengan garansi distributor sudah memakai ROM MIUI Global stable, namun sayangnya kebanyakan pengguna mengeluh karena banyak iklan serta aplikasi bloatware (Aplikasi terinstall tidak penting).

Mungkin hanya itu saja dari saya tentang artikel cara bedakan garansi hp xiaomi versi distributor dan versi resmi yang menurut saya cukup mudah dilakukan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membeli hp xiaomi baru maupun bekas, mudah mudahan bisa menambah pengetahuan anda tentang garansi hp xiaomi yang beredar di indonesia.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security