Cara menjadi developer perumahan

Cara Menjadi Developer Perumahan

Banyak orang menginginkan suatu bisnis yang menjanjikan. Salah satu bisnis yang bisa Anda coba yakni mendirikan perusahaan developer perumahan. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui cara menjadi developer perumahan beserta syaratnya.

 

Cara Menjadi Developer Perumahan Beserta Syaratnya

Menurut salah satu developer cikarang griya pratama, untuk menjadi developer perumahan terbaik tentu saja bukan hal yang mudah. Anda dituntut untuk memenuhi persyaratan tertentu.

Agar lebih jelas, simak cara menjadi developer perumahan beserta syaratnya berikut ini.

Menemukan Lahan yang Sesuai

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjadi developer adalah menemukan lahan tanah yang sesuai standar. Dimana lahan memiliki kondisi fisik dan legalitas yang baik.

Pastinya, lahan yang akan pijaki bukan dalam persengketaan dengan pihak tertentu. Sehingga Anda perlu mengecek legalitas lahan terlebih dahulu.

Memperhitungkan Harga

Memperhitungkan harga ini bisa diartikan dari segala pandangan. Dimana Anda perlu memperhitungkan harga beli lahan serta harga jual properti nantinya.

Kembali pada tujuan pendirian usaha, tidak lain adalah untuk meraup keuntungan. Sehingga jangan lupa untuk memperhitungkan laba yang akan Anda dapatkan.

Menganalisis Pasar Properti

Hal yang tak kalah penting adalah proses penganalisisan pasar properti. Anda perlu mengetahui apa yang saat ini menjadi trend dan kebutuhan masyarakat.

Cara menjadi developer perumahan

Selain itu, Anda juga perlu menganalisis kondisi pesaing dengan mengetahui apa yang belum dimilikinya. Dalam hal ini perlu Anda tingkatkan lagi layanan dari usaha Anda.

Mempersiapkan Berkas Persyaratan

Seperti ketika mendirikan usaha lainnya, menjadi developer juga ada berkas administrasi yang dipersyaratkan.

Berkas dokumen tersebut setidaknya harus lengkap dan tidak ada yang ditinggal.

Dimulai dari adanya SIUP, sertifikat tanah, IMB, pengesahan dokumen rencana teknis, pengesahan site plan, dan surat pernyataan kesanggupan dalam pengelolaan lingkungan.

Mengurus Izin Usaha

Setelah mengetahui syarat dari cara menjadi developer perumahan beserta syaratnya, maka langkah selanjutnya Anda bisa mulai mengurus perizinannya.

Proses pengurusan izin ini diawali dengan izin prinsip. Jika sudah, Anda bisa langsung mengajukan pada izin pemanfaatan tanah. Setelah memperoleh izin pemanfaatan tanah, Anda kemudian langsung mengurus IMB dan PBG.

 

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menjadi developer perumahan beserta syaratnya.

Jika Anda berminat untuk mendirikan perusahaan developer perumahan, sebaiknya persiapkan segala persyaratannya matang-matang mulai dari sekarang.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security