Contoh Kerjasama Proyek Yang Menguntungkan

Menjalin hubungan kerja sama biasanya dilakukan oleh para pebisnis karena keterbatasan modal, sumber daya manusia maupun lainnya. Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan dapat mengembangkan bidang usaha terkait. Bentuk kerja sama proyek itu sendiri tidak harus dalam skala besar. Untuk Anda yang pemula pun bisa memulai kolaborasi bisnis. Kira-kira apa saja contoh kerja sama proyek yang bisa dikerjakan oleh pemula?

Contoh Kerja Sama Proyek Yang Menguntungkan

Hampir semua bidang proyek bisa diajak untuk bekerja sama. Hanya saja, tidak bisa dipilih secara asal agar tidak merugikan nantinya. Sebagai contohnya, berikut ada beberapa kerja sama proyek atau bisnis yang menguntungkan saat ini:

  1. Jasa titip barang, dimana Anda bisa menentukan sendiri komisi untuk setiap produk yang dititipkan oleh pelanggan.
  2. Kerja sama antar jasa yang saling berkaitan. Contohnya jasa pasang cctv yang bekerja sama dengan distributor produk kamera tersembunyi.
  3. Kerja sama para petani yang ingin memasarkan tanaman kopi dengan perusahaan pembuat kopi.

Masih banyak lagi contoh kerja saja usaha yang saling menguntungkan satu sama lain. Bisa produk barang maupun jasa. Anda pun bisa mulai mencarinya dari sekarang.

Sistem Kerja Sama Dalam Bisnis

Dari setiap kerja sama antar pihak tentu saja punya aturan yang mengikat. Berikut ini beberapa sistem yang berlaku antar proyek atau bisnis tertentu:

  • Kerja sama bagi hasil

Merupakan sistem kerja sama antara pemberi modal dengan Anda. Kemudian nanti bisa diatur pembagian keuntungannya.

  • Kerja sama waralaba

Adalah pemegang suatu brand untuk menjual brand tersebut ke pihak lain guna dioperasikan dan membagi keuntungan sesuai kesepakatan.

  • Kerja sama peluang usaha

Hampir mirip dengan kerja sama waralaba akan tetapi punya syarat yang lebih ringan.

  • Joint venture

Ialah kerja sama dari beberapa pihak dalam menekuni usaha bersama dalam masa tertentu. Segala bentuk keuntungan dan kerugian ditanggung bersama-sama.

  • Konsinyasi

Yaitu suatu bentuk kolaborasi marketing antara pemilik produk dengan penyalur melalui sistem bagi hasil.

Pastikan untuk membuat dokumentasi ketika menjalin kerjasama, kamu dapat mempelajarinya dari contoh perjanjian kerjasama proyek yang ada pada website belajardm.com

Apa pun contoh kerja sama proyek yang ditekuni, selalu perhatikan baik-baik perjanjian tersebut. Jika masih ada yang belum dimengerti, bisa ditanyakan ke pihak terkait untuk penjelasan lebih lanjut. Setelah yakin, bisa dimulai kerjasamanya. Tapi jika dirasa tidak, sebaiknya pertimbangkan matang-matang.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security