Ketahui Daftar 10 Jenis Printer yang Sering Digunakan

Printer adalah salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak dokumen. Dengan adanya printer, kamu dapat mudah mencetak naskah berupa teks maupun gambar dengan mudah.

Dengan seiring perkembangan zaman, jenis printer terus bertambah dan lebih canggih. Yang dulu hanya bisa mencetak tulisan saja, kini printer sudah bisa untuk mencetak foto, untuk fotocopy, bahkan bisa digunakan untuk scan.

Ada banyak jenis-jenis printer dengan cara kerja yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, disini akan membahasnya atau kamu bisa bisa mengunjungi situs Cari Tekno untuk pembahasan yang lebih detail.

Jenis-jenis Printer

Nah, berikut adalah jenis jenis printer yang banyak digunakan dan beredar di pasaran.

  • Printer Inkjet

Printer inkjet sering dijumpai di tempat print setiap daerah. Cara kerja dari printer ini adalah dengan menyemprotkan tinta ke area cetak yaitu kertas. Sehingga dapat membentuk tulisan maupun gambar. Tinta pada printer inkjet tersimpan pada alat yang bernama cartridge. Printer jenis ini cocok digunakan untuk cetak ringan seperti dokumen, makalah, artikel, dan lain lain.

  • Printer Laserjet

Seperti namanya, printer jenis ini menggunakan laser dalam proses mencetaknya. Cara kerjanya adalah dengan cara laser disinarkan ke sebuah alat mirip drum, kemudian membentuk pola sesuai apa yang dicetak. Kelebihan dari printer laserjet adalah proses cetak lebih cepat dibanding dengan inkjet.

  • Printer LED / LCD

Pada dasarnya printer LED/LCD hampir sama dengan printer laserjet. Hanya saja printer LED/LCD menggunakan light-emitting diode. Printer ini bisa mencetak dokumen teks maupun gambar.

  • Printer Dot Matrix

Printer jenis ini menggunakan pita dan set pin dalam proses mencetaknya. Cara kerja dari printer dot matrix mirip dengan mesin tik. Kecepatan yang dihasilkan dari printer ini bisa mencapai 500 karakter setiap detiknya.

  • Printer Solid Ink

Dalam proses mencetaknya, printer solid ink menggunakan tinta yang sudah dililinkan. Cara kerja dari printer solid ink adalah dengan cara melelehkan tinta yang sudah dililinkan, kemudian ditampung di sebuah tempat dan nantinya akan dipindahkan ke alat mirip dengan drum. Sebelum mencetak ke media kertas, tinta tadi didinginkan terlebih dahulu.

  • Printer Thermal

Printer jenis ini sering dijumpai di kasir toko atau swalayan berbagai daerah. Cara kerja printer thermal adalah dengan cara menarik gulungan kertas khusus yang bisa berubah warna menjadi gelap saat dipanaskan. Printer thermal hanya bisa mencetak teks atau grafik yang sederhana. Kelebihan dari printer ini adalah tidak membutuhkan toner, tinta, ataupun perlengkapan lainnya.

  • Printer All In One

Printer all in one atau multifungsi merupakan printer yang tidak hanya berfungsi untuk mencetak saja, namun bisa untuk fotocopy, scan dokumen, dan lain lain.

  • Printer Plotter

Printer plotter adalah printer yang berukuran besar yang cocok untuk mencetak poster, stiker ukuran besar, dan lain lain. Printer jenis ini memiliki kualitas dan kecepatan yang cukup baik. Namun ada beberapa kekurangan dari printer plotter, salah satunya adalah menghasilkan suara bising saat proses mencetak.

  • Printer DTG

Printer DTG merupakan perkembangan dari printer. Printer jenis ini mampu mencetak pada media kain, kaos, bahkan kayu. Kelebihan dari printer ini adalah hasil cetak tajam dan bisa full color. Namun kekurangannya adalah apabila salah cetak atau hasil kurang maksimal, maka kerugian cukup lumayan karena media cetaknya lumayan mahal.

  • Printer Label.

Printer jenis ini berfungsi untuk mencetak label dengan berbagai bentuk dan mudah. Selain itu, printer ini juga bisa untuk mencetak barcode.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security