Keutamaan Membaca Bismillah

Assalaamu ‘alikum wa rohmatullahi wa barokaatuh. Al-hamdu lillah wa syukru lillah laa haula wa laa quwwata illaa billaah wa ba’du. Para pembaca yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, pada kesempatan ini kami akan memberikan sebuah Materi tentang Basmallah.

Keutamaan Membaca Lafadz Basmallah

Basmallah itu adalah bahasa arab yang artinya adalah; “Bismillahir rohmaanir rohiim”. Basmallah ini adalah ayat satu dari surat al-faatihah menurut dalam madzhab Syafi’i. Dan menurut pendapat di luar madzhab Syafi’i Basmallah ini bukan ayat dari surat al-Faatihah. Maka bagi yang bermadzhab Syaafi’i jika dalam sholatnya ketika ia membaca surat al-Faatihah lalu Basmallahnya tidak dibaca maka dihukumi sholatnya tidak sah.

Keutamaan Membaca Basmallah

Jika kita membicarakan mengenai keutamaannya baca basmallah maka sudah pasti ini adalah perihal yang tidak boleh diragukan lagi. Karena disamping bacaan tersebut ialah menyebut nama Allah, juga dengan bacaan ini mengandung keutamaan yang luar bisa.

Antara lain keutamaan membaca basmallah ialah, jika suatu pekerjaan diawali dengan membaca basmallah maka sudah bisa dipastikan pekerjaan tersebut akan ternilai mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Memang ada kalanya membaca Basmallah itu dimakruhkan bahkan boleh jadi juga malah diharamkan. Jadi tinggal tergantung jenis pekerjaan apa yang akan kita kerjakan. Kalau pekerjaan yang akan kita lakukan itu adalah pekerjaan yang dilarang oleh ajaran Syari’at Islam, maka sudah pasti memulai pekerjaan tersebut tidak boleh diawali dengan membaca basmallah.

Semua Pekerjaan yang Baik Mestinya Baca Basmallah

Saudarku semua muslim dan muslimat sekalian, Sudah dijelaskan dalam salah satu hadits Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallaam. Bahwa kita sangat dianjurkan ketika kita hendak melakukan suatu pekerjaan yang baik menurut ajaran Islam semestinya pekerjaan tersebut selalu diawali dengan membaca basmallah.

Sebagaimana diterangkan dalam sabda beliau Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallaama, yang inti dari isi pada hadits tersebut itu adalah; “Semua perkara apa pun yang ternilai baik kalau tidak diawali dengan membaca basmallah maka urusan tersebut tidak mendapat berkah”.

Demikian uraian singkat yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Kunjungi : https://www.fiqih.co.id/

Scroll to Top
Malcare WordPress Security