Mengenal Berbagai Macam Aktivitas dan Perilaku di Sekolah 

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi untuk memberikan ilmu pengetahuan bagi para siswanya. Tidak hanya itu, sekolah juga cukup berperan dalam pembentukan karakter seseorang, sehingga banyak orang yang menyebut kalau di sekolah bukan soal akademis saja, tetapi juga soal perilaku.

Saat di sekolah para peserta didik akan selalu berkaitan dengan pendidik terutama dalam kegiatan belajar mengajar. Peran guru saat di sekolah bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan secara akademis saja, tetapi juga memberikan beberapa nasihat yang dapat “mendidik” para peserta didik. Berkat kemampuan pendidik atau guru, maka ia sering disebut dengan “pahlawan tanpa tanda jasa”.

Kegiatan di sekolah yang selalu berkaitan dengan belajar, maka kewajiban siswa adalah belajar. Akan tetapi, terkadang kegiatan belajar yang cenderung membosankan akan sulit dipahami. Nah, dalam hal ini, guru sangat berperan untuk mengubah kegiatan belajar mengajar yang tadinya bosan menjadi lebih asyik, sehingga materi pembelajaran mudah dipahami. 

Selain itu, terkadang bagi sebagian siswa, kegiatan belajar ini terasa membosankan, sehingga siswa berusaha untuk mencari aktivitas-aktivitas yang dapat menghilangkan rasa bosan. Pada dasarnya, ada banyak sekali kegiatan selain belajar yang bisa membuat peserta didik menjadi lebih senang dan bersemangat saat bersekolah.

Lalu, kegiatan apa saja selain belajar yang bisa menghilangkan rasa bosan di sekolah?

Aktivitas Sekolah Selain Belajar

Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang aktivitas-aktivitas di sekolah selain belajar yang bisa membuat seorang siswa menjadi lebih semangat untuk bersekolah. 

1. Pergi ke Perpustakaan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika sudah mulai merasa bosan karena harus terus belajar di sekolah adalah pergi ke perpustakaan. Namun, ketika pergi ke perpustakaan, sebaiknya sesuai dengan jam istirahat. Saat di perpustakaan, kamu bisa membaca buku-buku fiksi atau non fiksi. Alangkah baiknya, pilihlah buku bacaan sesuai dengan selera kamu.

2. Mengikuti Ekstrakulikuler

Ekstrakurikuler merupakan hal selain belajar di sekolah yang bisa membuat seorang siswa tidak mudah merasa bosan ketika bersekolah. Ekstrakulikuler yang ada di sekolah ini sangatlah beragam, seperti futsal, basket, pramuka, dan sebagainya. 

3. Makan di Kantin

Makan bisa dibilang sebagai salah satu kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan. Oleh sebab itu, makan di kantin sekolah menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan setelah beberapa jam mengikuti pembelajaran. 

4. Mendengarkan Musik

Sama halnya dengan makan, maka mendengarkan musik menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan setelah belajar di sekolah. Untuk mendengarkan musik ini, sebaiknya saat jam pelajaran sedang kosong atau pada saat istirahat.

 

Perilaku di Sekolah yang Sesuai Pendidikan 

Meskipun sekolah identik dengan belajar, tetapi seorang guru juga perlu mengajarkan beberapa perilaku yang sesuai pendidikan. Berikut ini, beberapa perilaku yang sesuai dunia pendidikan. 

1. Menolong Teman yang Sedang Kesusahan

Perilaku yang mencerminkan pendidikan yang pertama adalah menolong teman yang sedang kesusahan, seperti seorang teman yang belum memahami suatu mata pelajaran. Perilaku ini akan memberikan banyak manfaat terutama pada saat diterapkan di lingkungan luar sekolah. 

2. Selalu Menerapkan Perilaku Jujur

Perilaku jujur merupakan perilaku yang di mana seorang siswa selalu menyampaikan suatu hal apa adanya atau tidak berbohong. Dengan berperilaku jujur, maka seorang siswa akan lebih dipercaya oleh teman dan guru. 

3. Ikut Berperan dalam Kegiatan Gotong Royong

Dengan melakukan gotong royong, maka suatu pekerjaan akan mudah diselesaikan. Nah, perilaku gotong royong ini merupakan salah satu perilaku yang sesuai dengan bidang pendidikan. Bahkan, dengan perilaku ini, seorang siswa bisa diterapkan di lingkungan rumah. 

4. Menghargai Pendapat Orang Lain

Pendapat kita tidak selalu sama dengan orang lain, sehingga sudah seharusnya untuk seorang siswa menghargai pendapat orang lain. Perilaku ini akan memberikan manfaat kepada seorang siswa terutama dalam menjaga hubungan pertemanan. 

5. Disiplin

Perilaku disiplin menjadi perilaku yang sesuai pendidikan berikutnya. Perilaku disiplin ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah membuat seorang siswa mampu mengatur waktu lebih baik lagi. 

 

Demikian, pembahasan tentang aktivitas sekolah selain belajar serta perilaku di sekolah yang sesuai pendidikan. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa supaya seorang siswa tidak bosan saat pergi ke sekolah, maka perlu memilih aktivitas selain belajar yang bisa membuat dirinya lebih semangat. 

Sementara itu, perilaku di sekolah yang sesuai pendidikan ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada saat di luar sekolah. Meskipun begitu, peran orang tua juga sangat dibutuhkan agar perilaku yang sesuai dunia pendidikan ini bisa dijaga dengan baik hingga dewasa nanti. 

Sumber: bintangtrainer.com

Scroll to Top
Malcare WordPress Security