Strategi Pemasaran Bisnis Laundry Paling Ampuh

Saat ini, laundry merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Hal ini dapat diketahui dengan semakin menjamurnya paket usaha laundry terutama di perkotaan. Biasanya bisnis laundry membidik tempat-tempat yang strategis, seperti dekat kampus, kos-kosan, perkantoran dan lain sebagainya.

Meski menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan, tentunya kamu juga perlu memiliki strategi marketing yang jitu dalam pemasarannya. Mengingat banyaknya para kompetitor bisnis laundry yang semakin banyak muncul. Kamu juga harus kreatif terutama dalam merancang bagaimana strategi pemasaran bisnis laundry yang akan digunakan.  Nah berikut ini trik strategi marketing yang bisa kamu coba.

  • Tentukan jenis bisnis laundry

Seiring dengan maraknya bisnis ini, jenis dari bisnis laundry pun juga ikut  berkembang. Biasanya jenis bisnis laundry yang paling banyak adalah laundry konvensional. Jenis laundry ini menawarkan jasa berupa cuci pakaian kepada para konsumen, lalu mengerjakannya hingga kering, bersih, rapi dan wangi.

Namun dewasa ini, nampaknya jenis dari bisnis laundry ini semakin banyak, salah satunya yakni laundry modern. Laundry modern menawarkan opsi laundry self service atau laundry koin. Dimana para konsumen dapat memilih paket dengan harga yang bervariasi sesuai dengan jenis pakaian yang ingin dicuci.

  • Tentukan target pelanggan bisnis laundry secara spesifik

Cakupan target konsumen dari bisnis laundry memang tidak seluas bisnis lain. Biasanya sasaran yang paling membutuhkan bisnis ini adalah orang-orang yang tidak memiliki mesin cuci. Misalnya saja seperti karyawan atau mahasiswa yang tinggal di hunian sementara.

Mereka biasanya tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mencuci karena kesibukan yang padat. Hal ini tentu penting dalam penentuan harga jasa laundry yang kamu promosikan kepada target pelanggan. Misalnya kamu memberikan diskon khusus untuk pelajar atau mahasiswa.

  • Beri pelayanan tambahan

Pastikan bisnis laundry yang kamu jalankan berbeda dengan kompetitor pada umumnya. Terlebih jika jenis bisnis laundry kamu adalah modern, maka kamu bisa memberikan pelayanan tambahan kepada pelanggan. Misalnya saja seperti penyediaan WiFi agar saat pelanggan menunggu pakaian selesai dicuci tidak merasa jenuh.

 

Nah itulah beberapa trik strategi pemasaran untuk bisnis laundry yang kamu jalankan. Strategi pemasaran yang kreatif tentu  sangat efektif jika diterapkan. Sehingga paket bisnis laundry yang kamu jalankan bisa berjalan dengan baik dan tentunya pelanggan akan merasa puas.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security