terapi atasi kaki bengkak

Terapi Atasi Kaki Bengkak Secara Alami

Kadang Anda mengalami keluhan kaki bengkak. Kebanyakan disebabkan oleh efek berdiri terlalu lama, duduk terlipat terlalu lama, kegemukan, kehamilan dan lain sebagainya. Kebanyakan keluhan kaki bengkak bukan menjadi tanda sinyal bahaya, meski dalam sejumlah kasus, kaki bengkak juga bisa merupakan tanda hipertensi atau gangguan ginjal. Dan untuk kondisi kondisi yang tidak serius, berikut adalah terapi atasi kaki bengkak secara alami.

 

Sejumlah Terapi Atasi Bengkak Kaki Rumahan

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan terapi atasi bengkak kaki cukup dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami dan dapat Anda lakukan hanya di rumah saja.

terapi atasi kaki bengkak

Rendaman garam Epsom

Anda bisa coba lakukan terapi atasi kaki bengkak dengan melarutkan garam Epsom sebanyak ½ gelas belimbing ke dalam air hangat sebanyak 4 -5 liter. Anda bisa gunakan baskom sebagai wadah. Setelah tercampur merata, rendamkan kaki Anda ke dalam baskom setidaknya selama 15 menit. Lakukan berulang bila keluhan kaki bengkak kerap terjadi.

Garam Epsom akan membantu menarik air yang tertahan pada kaki bila kaki bengkak Anda merupakan keluhan edema. Terapi ini juga baik untuk meredakan rasa kaku, pegal pegal dan nyeri otot pada jari jari dan tumit.

Terapi dengan air panas dan dingin (hidroterapi)

Terapi ini dilakukan dengan meletakan kaki pada sebuah wadah baskom, kemudian siramkan perlahan kaki dengan air bersuhu hangat agak panas dan air bersuhu rendah. Lakukan bergantian secara merata dalam waktu 15 menitan. Terapi ini bisa Anda lakukan berulang beberapa kali sepekan untuk hasil optimal.

Pilihan lain adalah dengan menyiapkan 2 baskom ukuran sedang, yang satu isi dengan air hangat dan yang lain isi dengan air dingin. Rendam kaki bergantian setiap 2 menit di setiap baskom selama durasi 15 menit.

Air panas akan membantu melancarkan sirkulasi darah pada kaki dan meredakan rasa kaku yang dirasakan pada otot otot kaki. Sedang air dingin akan membantu meringankan pembengkakan dan meringankan peradangan.

Terapi dengan Cuka Apel

Cuka apel ternyata juga bisa Anda manfaatkan untuk terapi atasi kaki bengkak. Caranya adalah dengan mencampurkan cairan cuka apel sebaiknya pilih yang raw ke dalam air hangat. Rasionya 1 : 3 dan aduk merata. Gunakan handuk ukuran kecil untuk direndamkan pada larutan tadi.

Kemudian gunakan handuk tadi sebagai kompres pada kaki. Diamkan 10 menit sampai handuk sedikit kering.  Anda bisa ulangi terapi ini beberapa kali dalam 1 hari untuk mencegah kaki bengkak terus berulang.

Cuka apel diketahui sangat baik untuk meredakan pembengkakan. Ini akan membantu meringankan sumbatan pada sirkulasi darah dan membantu meredakan endapan air pada kaki.

Minyak Ramuan Jahe

Air jahe juga bisa Anda gunakan sebagai terapi atasi kaki bengkak. Caranya cukup sederhana, Anda potong potong kecil rimpang jahe sebanyak 3 ruas. Kemudian panaskan minyak kelapa murni sebanyak 20 ml, kemudian masukan jahe potongan tadi. Aduk merata sesaat dan angkat.  Dinginkan kemudian dan saring.

Gunakan minyak ramuan tadi sebagai minyak oles pada kaki yang bengkak. Anda bisa padukan dengan pijatan ringan di area kaki, betis dan pergelangan untuk meringankan bengkak dan rasa kaku pegal pada kaki.

Jahe memiliki efek menghangatkan yang akan membantu memperbaiki sirkulasi darah pada kaki. Ini akan baik membantu meringankan edema. Efek hangatnya juga membantu meringankan kaki yang terasa kaku dan pegal.

 

Itu sebagian terapi atasi kaki bengkak yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah. Temukan lebih banyak cara mengatasi kaki bengkak lain pada pembahasan lain di sini.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security