Tips Merawat Kelinci bagi Pemula

Kelinci, binatang yang lucu dan menggemaskan ini begitu banyak digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya anak-anak kecil. Hal ini karena tingkah laku kelinci yang ramah terhadap anak-anak dan juga tampilannya yang imut dan lucu.

Apakah anda sedang memelihara kelinci atau punya rencana untuk beternak kelinci? Jika iya maka tips yang admin jual kelinci hias uraikan berikut ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tips merawat kelinci yang baik

Bagi pemula tentunya akan merasa bingung pada saat memelihara kelinci, agar anda tidak ikut-ikutan bingung ada baiknya anda simak tips merawat kelinci berikut ini:

Kenali terlebih dahulu kelinci anda

Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, maka dari itu sebaiknya anda mengenali dulu lebih jauh mengenai karakter dari kelinci yang akan anda rawat. Kelinci di Indonesia saat ini ini ada beberapa jenis, diantaranya ada kelinci anggora, kelinci lokal, Rex, Lionhead, Fuzzy Lop, Netherland Dwarf, Flemish Giant, German Giant dan lain-lain.

Adapun dari segi peruntukannya kelinci terbagi dua kategori yaitu untuk kelinci hias dan sebagai kelinci pedaging, biasanya pengelompokan ini dilihat dari ukuran tubuh dan bulunya.

Kelinci pedaging pada umumnya bertubuh besar dan pertumbuhannya cepat, kategori kelinci pedaging yaitu Flemish Giant, Rex dan German Giant, namun dikarenakan harganya yang cukup tinggi maka di Indonesia kelinci jenis ini lebih sering dipelihara sebagai kelinci hias, biasanya kelinci lokal yang harganya cukup terjangkau yang sering juga dijadikan sebagai kelinci pedaging.

Teliti sebelum membeli

Pada saat membeli kelinci sebaiknya anda menanyakan terlebih dahulu mengenai jenis kelinci, usia, pakan yang biasa diberikan, dan harga kelinci tersebut.

Namun berdasarkan pengalaman kami, apabila kita membeli kelinci di penjual kelinci yang ada di pinggir jalan, anak kelinci yang dijual itu biasanya belum cukup umur, dalam artian anak kelinci dijual tersebut belum waktunya disapih, akibatnya anak kelinci yang masih kecil ini akan cepat mati.

Kami menyarankan agar anda membelinya di peternaknya langsung sehingga lebih terjamin kualitasnya.

Sekian dulu pembahasan singkat mengenai tips merawat kelinci, semoga informasi yang kami berikan bisa memberikan manfaat bagi anda yang ingin beternak kelinci.

 

 

Scroll to Top
Malcare WordPress Security