Cara Membuat Vas Dari Sabut Kelapa

Tutorial Cara Membuat Vas dari Sabut Kelapa

Siapa nih yang masih mengabaikan sabut kelapa begitu saja ? Pasti masih banyak kan yang membuang sabut kelapa dengan sia-sia. Namun siapa sangka kalau sabut kelapa yang biasanya dibiarkan begitu saja jika diolah dengan cara yang tepat bisa menjadi vas bunga yang cantik serta memiliki nilai estetika dan juga nilai jual yang terbilang lumayan. 

Yuk stop buang sabut kelapa dan mulai dari sekarang olah sabut kelapa menjadi barang yang memiliki nilai guna seperti vas bunga. Agar menjadi vas bunga yang cantik sobat harus menempuh beberapa cara. Berikut ini adalah tutorial membuat vas bunga dari bahan sabut kelapa, bisa sobat tirukan di rumah 

Namun sebelum saya menjelaskan tutorial cara membuatnya, saya akan mengulas lebih lanjut tentang sabut kelapa

Sabut Kelapa 

Cara Membuat Vas Dari Sabut Kelapa

Sabut merupakan bagian pembungkus kelapa yang biasanya hanya dibiarkan begitu saja hingga mengering. Namun sebagian besar masyarakat tradisional menggunakanya sebagai kayu bakar. 

Sabut umumnya diolah menjadi keset dan tali. Namun akhir-akhir ini sabut diolah dan dijadikan sebagai vas bunga yang cantik. 

Selain itu sabut kelapa juga bisa dijadikan pupuk tanaman sabut kelapa diyakini memiliki aerasi yang baik sehingga dapat menggemburkan tanah dan sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman. Selain banyak manfaatnya sabut kelapa juga sangat ramah lingkungan karena merupakan bahan alami tumbuhan, dan juga tidak akan mencemari lingkungan serta tanah. 

Maka dari itu yuk mulai sekarang beralih ke bahan yang lebih ramah lingkungan. Sabut kelapa lebih mudah terurai oleh tanah karena sifatnya sendiri sangat mudah sekali lapuk. 

Langsung saja yuk intip tutorial cara membuat vas bunga dari kelapa di bawah ini. Perhatikan baik-baik langkahnya ya 

Bahan-Bahan

  • Kawat ram 
  • Sabut kelapa 
  • Penggaris 
  • Gunting 

Cara Membuat

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah merangkai kawat ram hingga membentuk tabung / pot. 
  2. Kemudian potong bagian bawah kawat yang sudah dibentuk, untuk dikaitkan dengan kawat ukuran besar .
  3. Selanjutnya lipat bagian yang sudah dipotong tersebut ke arah luar.
  4. Langkah berikutnya kaitkan kawat tabung yang terbentuk dengan kawat ukuran besar. Sehingga membentuk 2 lapisan tabung.
  5. Potong sedikit kawat untuk dijadikan bagian alas tabung / pot.
  6. Setelah itu isi bagian alas tabung / pot dengan menggunakan sabut kelapa secukupnya. Pastikan dalam mengisi benar-benar padat.
  7. Buat penutup alas dan rapatkan sudut antar kawatnya.
  8. Lalu masukkan sabut kelapa ke sela-sela tabung / pot. Padatkan.
  9. Tahap yang terakhir yaitu finishing. Rapikan bagian sabut yang masih tersisa dengan menggunakan gunting.
  10. Setelah selesai, vas bunga sabut kelapa siap digunakan.

Tidak cukup dengan itu saja manfaat sabut kelapa, sabut kelapa ternyata bisa digunakan untuk menetralkan bau semen pada kolam ikan loh sob. Caranya adalah dengan merendam sabut kelapa tersebut di dalam kolam yang ingin dinetralkan dari bau semen selama 2 minggu. Setelah itu kolam tidak akan bau semen lagi dan siap digunakan.

Memisahkan sabut kelapa dengan tempurung kelapa tidaklah mudah, apalagi jika sobat harus memisahkanya dalam jumlah yang banyak. Rasanya tidak mungkin jika hanya dilakukan secara manual menggunakan tangan saja.

Untuk hal tersebut sobat memerlukan bantuan mesin pengurai sabut kelapa untuk memperoleh serat kelapanya. Nah agar sabut kelapa bisa menjadi lebih lembut lagi sobat bisa menggunakan mesin penghancur sabut kelapa dan bisa digunakan sebagai pupuk organik.

Sobat bisa menemukan kedua mesin tersebut di rumah mesin. Tidak hanya 2 mesin itu saja loh, namun ada puluhan mesin-mesin produksi lainya yang berkualitas dan juga dibuat khusus menyesuaikan kebutuhan pemakainya.

Nah mungkin itu dulu ya penjelasan mengenai cara membuat vas bunga dari sabut kelapa. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi anda yang tadinya hanya ditumpuk begitu saja kini sudah bisa anda gunakan sebagai vas bunga untuk tanaman kesayangan anda.

Jangan lupa untuk segera mempraktekannya ya. Selamat mencobanya dan semoga berhasil!

Scroll to Top
Malcare WordPress Security